5 Tanaman Paling Mematikan di Dunia

Situs Tanaman - Mungkin kita tidak penah menganggap tananam sebagai organisme menakutkan yang harus dihindari. Namun tanpa Anda sadari, ada tumbuhan yang bisa merugikan. Karena tumbuhan ini mengandung zat-zat yang bisa menyebabkan keracunan hingga kematian terhadap manusia.

Sudah sebaiknya anda tahu, pengelompoka tanaman apa saja yang membahayakan dan mengandung racun yang mematikan, supaya anda terhindar dari hal yang tidak diinginkan, dan bisa lebih waspada terhadap tumbuhan ini. Berikut ini kami akan mengulas tentang tanaman mematikan di dunia itu.

1. Tanaman Jarak

Tanaman jarak sebenarnya sangat bermanfaat terutama daun dan getahnya. Namun, siapa sangka biji jarak sangatlah mematikan. Memakan dua biji jarak bisa membuatmu meregang nyawa.

Efek memakan biji jarak munculnya gejala iritasi lambung, muntah, diare berdarah, sakit perut, denyut jantung meningkat, tekanan darah rendah, keluar banyak keringat, kiolaps, kejang, dan kematian dalam hitungan hari.

2. Cicuta (water hemlock)

Tanaman cicuta yang biasa dikenal dengan sebutan water hemlock merupakan jenis tanaman paling beracun dari spesies Apiaceae. Tanaman dengan bunga berwarna putih kehijauan ini banyak ditemukan di daratan Amerika dan Eropa.

Dampak dari memakan tumbuhan ini adalah kejang-kejam, kram perut, mual, dan kematian. Sedangkan mereka yang bisa bertahan hidup sering menderita amnesia atau tremor yang cukup lama.

3. Kecubung (Datura Metel)

Tanaman ini sebenarnya mengandung senyawa kimia yang memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kandungan ini dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit, seperti asma, reumatik, sakit pinggang, pegel linu, sakit gigi, ketombe, hingga nyeri haid. Bagian yang paling sering dipakai sebagai obat herbal ini adalah daunnya.

Selain bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional, ternyata tanaman kecubung ini juga mengandung racun berupa zat alkaloid yang mempunyai efek halusinogen terutama pada bagian bijinya. Efek yang ditimbulkan jika dikonsumsi melebihi takaran adalah, rasa mual, muntah, sesak nafas, rasa gelisah, nadi berdenyut cepat, kulit wajah dan tubuh berubah menjadi merah, pusing, mulut terasa kaku, halusinasi hingga berujung kematian.

4. Actaea Pachypoda atau Mata Boneka

Tanaman dengan bentuk buahnya bulat berwarna putih dengan titik hitam di tengahnya membuat Actaea Pachypoda dijuluki mata boneka.

Menurut Missouri Botanical Garden, buah ini sangat beracun bila dimakan. Itu sebabnya para hewan menghindari tumbuhan ini, sikap ini juga harus kita terapkan.

Buah tanaman ini mengandung racun kardiogenik yang memiliki efek penenang langsung pada jaringan otot. Menelan buah ini dapat mengakibatkan pada serangan jantung hingga kematian.

5. Kacang Polong

Tanaman ini tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Bijinya mengandung lectin khusus yang disebut abrin. Jika termakan akan menyebabkan rasa mual beserta demam, disfungsi gula darah dan juga kejang-kejang. Lalu, bisa menyerang ginjal, kandung kemih, pendarahan retina, dan luka dalam yang menyebar. Seperti risin, abrin mencegah sintesis protein dalam sel dan dapat menyebabkan kegagalan organ dalam empat hari.

Kalau kamu perhatikan, beberapa tanaman tersebut ada yang ditemukan di Indonesia. So, anda harus lebih berhati-hati jika bertemu tumbuhan tersebut, apalagi Anda sedang membawa buah hati. Jangan sampai termakan ya!