Jenis Tanaman Obat yang Punya Banyak Khasiat

Situs Tanaman - Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dan tanah yang subur sehingga membuat negara ini dianugrahi beragam jenis tumbuhan. Sejak jaman dahulu nenek moyang kita sudah menggunakan beragam jenis tumbuhan yang digunakan untuk mengobati penyakitnya.

Seiring berjalannya waktu dan semakin modernnya jaman, saat ini semakin sedikit orang yang menggunakan tanaman obat untuk mengobati penyakitnya. Mereka lebih memilih berobat dengan menggunakan obat modern yang dijual di apotik tanpa kita sadari mengandung banyak zat kimia di dalamnya. Bahkan ada yang sampai berobat sampai ke luar negeri demi kesembuhan. Padahal bisa mengkonsumsi obat dalam jangka panjang bisa mendatangkan penyakit lain. Ditambah biaya pengobatan saat ini yang semakin mahal, oleh karena itu obat-obat dari tanaman tradisional ini mungkin bisa dijadikan alternatif untuk mengobati penyakitmu.

Berikut ini merupakan tanaman obat yang punya banyak khasiat, check it out!

1. Belimbing Wuluh

Belimbing wulung mempunyai bentuk seperti belimbing pada umumnya. Belimbing wuluh dikenal dengan sebutan belimbing sayur karena sering digunakan sebagai bumbu masak untuk memberikan rasa asam yang kuat.

Fungsi lain dari tanaman ini adalah untuk obat tradisional. Mulai dari buah, batang dan bunganya bisa dijadikan sebagai obat. Belimbing wuluh bermanfat untuk mengobati gusi berdarah, obat rematik, obat dodongan, obat sariawan, obat pegel linu serta bisa digunakan sebagai obat sakit gigi.

2. Kumis Kucing

Kumis kucing ini punya bentuk seperti kumis kucing. Kumis kucing merupakan tanaman obat asli Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai tanaman obat yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Yang paling dikenal adalah sebagai penyembuh kencing batu, karena tanaman ini berfungsi untuk melancarkan saluran kemih. Selain mengobati kencing batu, kumis kucing juga dapat mengobati batuk, diabetes, rematik, asam urat, hingga hipertensi.

3. Ciplukan

Ciplukan merupakan tanaman liar yang mudah ditemukan dimana saja. Sempat dinyinyiri orang-orang karena dianggap tidak memiliki manfaat, kini ciplukan berubah menjadi incaran setelah diketahui manfaatnya buah kesehatan tubuh.

Harga ciplukan pun naik drastis, yang asalnya gratis, kini kalau anda mau membelinya maka harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 500.000/kg atau Rp/10.000/buah. Tapi Anda jangan khawatir harganya sebanding dengan manfaatnya kok. Buah ini dinyatakan bisa mengatasi asma, kencing manis, paru-paru, sakit tenggorokan, hingga kanker payudara.

4. Adam Hawa 

Adam Hawa merupakan salah satu tanaman hias dan sekaligus sebagai tanaman obat dengan tampilan yang menyerupai tanaman nanas. Daunnya tumbuh berbentuk roset berwarna hijau keabuan di permuukaannya dan ungu dibawahnya.

Tumbuhan ini memiliki khasiat menyembuhkan penyakit bronkhitis, pendarahan, rematik, disentri, sembelit, anemia, batuk darah, bengkak, dan luka-luka.

5. Adas

Anda pasti pernah menggunakan minyak telon, minyak dengan aroma khas ini biasa dibalurkan pada tubuh bayi. Nah, biji adas ini merupakan salah satu komponen yang terkandung pada minyak telon.

Tumbuhan ini memiliki khasiat menghangatkan tubuh bayi, memperlancar ASI, mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi, meningkatkan cita rasa dalam masakan.

6. Bayam Duri

Bayam duri diyakini memiliki banyak khasiat. Ciri khas tanaman ini sesuai dengan namanya yaitu duri pada padang, tepat pada pangkal daunnya. Bayam duri mempunyai khasiat meluruhkan kencing, meluruhkan haid, meluruhkan dahak, membersihkan darah, memperlancar ASI, meredakan demam, mencegah penyakit jantung dan ginjal, penawar racun, menurunkan bengkak, dan sebagainya.

7. Temu Lawak

Temulawak merupakan tanaman rempah asli yang berasal dari Indonesia yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. bagi yang sering dimanfaatkan adalah bagian akar atau biasa disebut rimpang. Bagian akarnya itulah yang dijadikan sebagai obat berbagai penyakit.

Khasiat dari tumbuhan ini adalah sebagai obat gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan hati.

Itulah kumpulan tanaman obat yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih.

Komentar