Cara Menyetek Tanaman Bunga Kertas Untuk Pemula

Situs Tanaman - Bougenville atau biasa disebut sebagai bunga kertas adalah salah satu tanaman bunga hias yang termasuk dalam famili Nyctaginaceae. Bunga kertas ini berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini memiliki bentuk yang kecil dan susah untuk rtumbuh tegak. Spatha atau selundang bunga tanaman bungan ini memiliki ukuran yang cukup besar yang tumbuh menyelumbungi seluruh bagian bunga majemuk sebelum mekar. Spata tersebut berukuran tipis dan memiliki ciri seperti kertas, warna bunganya beragam ada putih, merah muda, kuning, dan lainnya. Batang bunga kertas ini memiliki duri yang tajam dan bercabang.

Banyak orang kini menanam bunga kertas ini untuk tanaman hias, nah kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara stek bunga kertas ini.

Cara Menyetek Bunga Kertas

1. Pertama, pilih cabang yang masih muda dan masih berwarna kehijauan pada tanaman bunga kertas yyang hendak di stek.

2. Sipakan beberapa alat untuk digunakan untuk stek seperti, pisau atau alat pemotong lainnya, plastik untuk membungkus hasil sambungan nanti dan tali untuk mengikat.

3. Selanjutnya, pilih pucuk bunga kertas jenis lain. Pilihlah cabang yang amsih muda dan memiliki diameter yang hampir sama dengan cabang bawah tanaman yang akan di stek.

4. Jika sudah siap semua, selanjutnya proses penyambungan. Potonglah cabang batang dengan menggunakan pisau, kemudian belah potongan di tengah diameter batang.


5. Siapkan sambungan atas, lalu potong dan pangkas daun dengan menggunakan pisau atau lainnya, sisakan beberapa helai saja. Bagian pangkal batang tipiskan dan kedua permukaan batang iris dengan pisau atau dengan lainnya. Pengirisan sebisa mungkin harus rapi, agar permukaan rata sehingga saat diselipkan pada batang bawah permukaannya dapat menempel dengan baik.


6 Jika telah selesai, selipkan batang atas ke batang bawah.


7. Selanjutnya ikan dengan menggunakan tali yang sudah disiapkan jangan terlalu kencang hanya saja pastikan kedua batang menyatu dengan baik.


8. Untuk mengurangi penguapan dan menjaga kelembaban, bungkus sambungan dengan menggunakan plastik dengan baik.


9. Terakhir, pot tanaman bunga kertas sambungan tersebut diletakkan pada tempat yang teduh

Demikianlah artikel tentang cara menyetek bunga kertas untuk pemula. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk terus mengikuti postingan kami selanjutnya.