6 Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan


Situs Tanaman - Sebagai tanaman hias untuk dinikmati keindahannya, tanaman hias ternyata ounya banyak manffat. Selain manfaatnya sebagai penghias rumah, ternyata ada berbagai macam jenis tanaman hias yang memiliki manfaat lebih, diantaranya sebagai pembersih udara. Tanaman hias pembersih udara tentu sangat bermanfaat untuk setiap orang yang rumahnya berada dikawasan perkotaan yang dipenuhi dengan polusi. Polusi tentinya akan mengurangi kualitas kebersihan dari oksigen disekitar kawasan tersebut, sementara kita semua tahu bahwa oksigen sangat kita butuhkan untuk kelangsungan hidup yakni berperan penting dalam proses respirasi.

Terdapat beberapa jenis tanaman hias, baik berasal dari jenis hias daun ataupun tanaman hias bunga yang dapat membersihkan polusi udara. Adapun beberapa tanaman hias pembersih udara tersebut adalah tanaman hias yang mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lainnya yang ada di udara. Sehingga bagi anda yang menanam tanaman hias jenis ini di dalam maupun diluar rumah anda, maka udara dalam ruangan bisa menjadi bersih dan tentunya sangat sehat untuk dihirup bagi penghuninya.

Bagi anda yang tertarik untuk merawat tanamamn hias pembersih udara di rumah, agar udara di sekitar rumah anda menjadi lebih sejuk dan sehat untuk dihirup, berikut ini kami akan merekomendasikan 6 jenis tanaman hias pembersih udara.

1. Florist's Chrysanthemum (Chrysanthemum morifolium) 

Jenis tanaman hias ini sering disebut dengan 'mum'. Tanaman hias ini merupakan tanaman musiman. Jika Anda merawatnya dengan baik, bunga ini dapat bertahan selama 6 minggu. Tanaman hias bunga ini bisa menyerap ammonia, xylene, formaldehyde dan benzene. Cara perawatannya sangat mudah yaitu dengan meletakkan chrysanthemum pada tempat yang terkena cahaya, tetapi bukan cahaya langsung dari matahari. Periksa kelembaban tanahnya dan usahakan agar tetap lembab. Menanam tanaman ini tidak perlu repot-repot memikirkan pupuk.

2. Dragon Tree

Dragon tree merupakan spesies dari genus tanaman hias daun dracaena. Tumbuhan tinggi dengan batang yang keras dan daun yang panjang berwarna hijau tua. Dragon Tree ini mampu tumbuh tinggi sehingga cocok diletakkan di sudut rumah ataupun kantor. Kemampuannya menyerap racun pada udara yang disebabkan oleh bensin, pernis dan diragukan lagi.

3. Bunga Krisan

Bunga krisan dikenal juga sebagai bunga seruni. Tanaman hias satu ini memang dikenal sangat cantik dan indah. Selain kecantikannya, tanmaan hias bungan krisan juga beraroma wangi. Tanaman ini akan menghadirkan nuansa rileks dan sejuk pada rumah anda sehingga bisa menghilangkan sedikit stres. Bunga ini memiliki kemampuan untuk menyerap benzena dari (Plastik, cat, lem dan deterjen).

4. Sirih Gading (Devil's lvy atau Golden Pothos)

Siri gading adalah salah satu tanaman hias indah yang bandel. Bandel karena dengan media tanam seadanya (bahkan hanya dengan botol berisikan air saja) dan tanpa perawatan yang rumit, siri gading dapat tumbuh dengan subur. Tanaman hias ini bisa ditanam baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Tanaman hias ini dapat ditanam baik di luar ruangan maupun dalam ruangan. Daun dari tanaman ini dapat membersihkan udara dengan cara menyerap racun-racun dari berbagai macam polutan udara.

5. Aloe Vera - Lida Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh luka, penyubur rambut ini ternyata mempunyai kemampuan sebagai penyerap polutan. Lidah buaya dipercaya mampu menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya.

Itulah beberapa tanaman anti polutan yang dapat di tanam dan diletakkan di dalam ruangan. Rata-rata tanaman yang kami sebutkan diatas dapat tumbuh di dalam ruangan karena hanya membutuhkan sedikit asupan air dan dapat bertahan lama di dalam ruangan tanpa sinar matahari.